Buku Eskatologi Islam 101

Share this

SMMC.or.id. — Kajian akhir jaman dengan tema “Sejarah Manusia Masa Depan”, adalah buku karya Utomo Muhammad Isa.  Dalam buku ini disajikan bahwa segala kehidupan makhluk-makhluk ciptaan Allah Ta’ala telah tercatat dalam kitab yang nyata, kitab yang disebut ‘Lauh Mahfudz’.

Dari pengamatan dan pengalaman pribadi penulis selama 25 tahun menekuni bidang Ilmu akhir jaman, masih banyak dijumpai umat Islam yang kurang paham dan menyadari hakekat kehidupan jaman sekarang. Permasalahan yang paling mendasar adalah ramalan-ramalan Nabi (shallallahu ‘alaihi wassalam) yang disebut sebagai ‘Nubuat’, yang jumlahnya banyak dan belum tersusun dengan baik, sehingga menyulitkan untuk mendapatkan gambaran secara utuh.

Selain itu perlu sekiranya diluruskan pengertian sebagian besar umat Islam, yang masih mengartikan ‘Akhir Jaman’ sebagai ‘Hari Kiamat’. Melalui penjelasan-penjelasan yang akan dikemukan, Insya Allah dapat membuka mata dan mempertajam pemahaman tentang ilmu akhir jaman atau Eskatologi Islam.

Kajian pembahasan berangkat dari salah satu nubuat Rasulullah (shallallahu ‘alaihi wassalam) yang berisi nasehat yang paling tepat dalam menghadapi akhir jaman dimana beliau (shallallahu ‘alaihi wassalam) bersabda, ‘Sesungguhnya sebaik-baik agamamu adalah yang termudah. Sesungguhnya sebaik-baik agamamu yang termudah.’

Melalui tulisan buku ini dapat memberikan sebuah metoda sederhana agar dapat menyusun secara kronologis urutan dari nubuat-nubuat Rasulullah (shallallahu ‘alaihi wassalam), sehingga menghasilkan kerangka pemikiran yang utuh dan kokoh tentang akhir jaman. Dengan cara menganalisa dan menempatkan nubuat-nubuat Rasulullah (shallallahu ‘alaihi wassalam) disesuaikan dengan situasi dan kondisi jaman yang dimaksud.

Bagi penulis pribadi maupun pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah dan manfaatnya untuk menghadapi kehidupan akhir jaman.

Selamat membaca
Utomo Muhammad Isa
@Utomo_MI

Title: Eskatologi Islam 101
Sejarah Manusia Masa Depan
Author: Utomo Muhammad Isa
Publisher: Self Published
Number of Pages: 151
Publication Year: 2016

Download the Book 

Update bagian 1
Update bagian 2
Update bagian 3
Update bagian 4
Update bagian 5
Update bagian 6

Twitter: @Utomo_MI
Facebook: Utomo Muhammad Isa 

Tentang Penulis

Tinggal di lingkungan lingkungan Muhammadyah, di sekitar Slipi-Jakarta, membuat penulis banyak belajar dari mereka khususnya Tafsir Al-Qur’an Jalalain & Ibnu Katsir.

Selanjutnya, alumnus Smansa Medan tahun 1984 (SMMC 84) ini, banyak mendalami hadist Rasulullah SAW sejak 1995, dan mulai aktif di Islam.org sejak 2001. Bahkan sempat pula bergabung di ICMI pada 1995, saat awal mula berdirinya, meski tidak aktif di sana.

Kemudian pada 2008 mulai mengenal eskatologi dunia Sheikh Imran Hosein, yang mendirikan Fakultas Eskatologi di Malaysia, dan banyak berdiskusi dengan beliau melalui internet. Dari hasil kajian dengan berbagai sumber, buku ini akhirnya ditulis.

Kumpulan artikel Eskatologi Islam

Share this

2 Comments on “Buku Eskatologi Islam 101”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *