Bantu Dhuafa, ATM Beras SMMC di Masjid Al Jihad Resmi Beroperasi

Share this

SMMC.or.id. — ATM Beras SMMC yang berada di Masjid Al Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan, telah resmi beroperasi sejak Jum’at 9 Maret 2018. Mesin ini secara otomatis mengeluarkan beras ketika kartu elektronik ATM Beras (ATM-B) ditempelkan pada sensor mesin. Keberadaan ATM-B ini adalah untuk menyalurkan sedekah beras bagi kaum dhuafa.

ATM-B di Masjid Al Jihad ini adalah milik Smansa Medan Muslim Community (SMMC) yang diinisiasi oleh SMMC 1985. ATM-B SMMC berikutnya berada di Masjid Al Musabbihin, Komp. Tasbih I dan di Masjid Iklasiyah Tg. Morawa.

Dibawah koordinasi Tim Pengelola ATM Beras SMMC yakni Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988), bekerja sama dengan DKM Masjid Al Jihad dan Tim Teknis UMSU, SMMC menyelenggarakan peresmian ATM Beras sekaligus sosialisasi kepada penerima kartu, serta pengelolaan bersama ATM-B tersebut.

Acara peresmian diawali sambutan sekaligus peresmian oleh Koordinator ATM Beras SMMC yakni Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988). Sejumlah anggota SMMC yang hadir juga turut memberikan sambutan yakni Gus Irawan Pasaribu (SMMC 1983 yang juga Ketua Ikal Smansa Medan dan Ketua Komisi VII DPR-RI) dan HM Nezar Djoeli (SMMC 1992 yang juga Ketua Komisi A DPRD Sumut).

Ustadz Nasyir dari DKM Masjid Al Jihad sangat mengapreasi kehadiran ATM-B ini dan berharap dapat berkembang di kantong-kantong lain yang juga membutuhkan. Peresmian ini ditandai dengan penyerahan kartu dan pengambilan beras perdana oleh para penerima kartu ATM-B.

“Tentu kami berharap dapat membantu saudara-saudara kita yang hari ini kurang beruntung, dan dapat dijaga berkesinambungan agar penerima dapat merasakan manfaatnya,” kata Gus Irawan saat ditanya mengenai harapannya tentang ATM Beras SMMC.

30 KK Menerima Kartu ATM Beras

Pada tahap awal ATM-B ini akan menyalurkan beras kepada 30 KK penerima kartu ATM-B. Penerima kartu ATM-B tersebut akan mendapat alokasi beras sebanyak 4 liter/pekan. Beras yang disediakan oleh ATM-B SMMC in syaa Allah beras berkualitas dengan standar minimal IR64.

Para penerima tahap pertama ini terdiri atas 20 KK marbot Masjid Al Jihad dan 10 KK anggota Persaudaraan Abang Becak Masjid Taqwa Polonia Medan. Untuk memenuhi kebutuhan beras 30 KK tersebut selama setahun, dibutuhkan sekitar 6 ton beras/tahun.

Bisa Melayani Hingga 500 KK

Direncanakan jumlah KK penerima kartu ATM Beras di Masjid Al Jihad akan ditambah untuk memenuhi kebutuhan dhuafa lainnya. Setiap unit ATM-B mampu melayani maksimal 500 kartu. Jika kondisi tersebut dicapai, maka dengan kuota 4 liter/KK/pekan dibutuhkan beras sebanyak 94 ton/tahun/unit ATM-B untuk 500 KK tersebut.

Tidak Perlu Antri dan Berdesakan

“ATM Beras ini sangat bagus, dapat membantu proses pembagian tidak perlu mengantri, cukup tempelkan kartu beras akan keluar. Uang yang biasanya dipakai untuk beli beras dapat dialihkan untuk keperluan lainnya,” kata Nezar Djoeli dalam sambutannya.

SMMC menyelenggarakan sedekah beras melalui ATM-B ini karena merupakan solusi cerdas bersedekah. Penerima beras tidak perlu antri dan berdesakan untuk mengambil beras. Hal ini karena jadwal pengambilan sudah diprogram pada kartu masing-masing. Program sedekah beras ini juga didasarkan pada kondisi masih banyaknya penduduk miskin Kota Medan. Data BPS Sumatera Utara tahun 2016 menunjukkan bahwa Kota Medan masuk dalam 5 kab/kota dengan jumlah penduduk termiskin terbanyak di Sumatera Utara.

Sedekah beras ini bertujuan untuk membantu kebutuhan beras keluarga dhuafa di Kota Medan dengan kualitas yang terjaga mutunya. Dengan bantuan beras ini, pengeluaran yang sebelumnya untuk beras dapat dialihkan untuk membeli lauk pauk maupun untuk keperluan sekolah anak-anak atau modal usaha. Harapannya, program ini mampu berkontribusi dalam meningkatkan taraf kehidupan mereka.

Penyediaan beras di ATM-B SMMC berasal dari sedekah dari para donatur yang tersebar di Kota Medan dan bahkan di luar Kota Medan. Untuk keberlanjutan fungsi dan manfaat ATM-B ini seterusnya, sangat dibutuhkan dukungan dari saudara-saudara muslim lainnya.

Ayo Sedekah Beras

Mulai sekarang, SMMC mengajak kaum Muslim Kota Medan untuk ikut Program Sedekah Beras. Salurkan sedekah terbaiknya untuk penyediaan beras berkualitas secara kontinyu melalui ATM Beras untuk kaum dhuafa Kota Medan.

Rekening ATM Beras SMMC
Bank Syariah Mandiri (kode 451) No Rekening 7108682986 an. SMMC ATM Beras (konfirmasi transfer ke e-mail sedekah.beras@smmc.or.id) atau klik di sini.

Lihat ATM Beras SMMC lainnya di disini

*Humas SMMC*

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *