Kini Pembagian Beras Tak Perlu Antri Lagi, Manfaatkan ATM Beras SMMC di Masjid Al Musabbihin

Share this

SMMC.or.id. — Kegiatan pembagian sedekah beras, kini tak perlu antri lagi. SMMC telah menyediakan mesin ATM Beras di Masjid Al Musabbihin Komp.Tasbih I, Medan. Mesin ini secara otomatis mengeluarkan beras ketika kartu elektronik ATM Beras (ATM-B) ditempelkan pada sensor mesin.

Keberadaan ATM-B ini adalah untuk menyalurkan sedekah beras bagi kaum dhuafa. Penerima beras tidak perlu antri dan berdesakan untuk mengambil beras. Hal ini karena jadwal pengambilan sudah diprogram pada kartu masing-masing.

ATM-B ini adalah milik Smansa Medan Muslim Community (SMMC) yang diinisiasi oleh SMMC 1984. ATM-B SMMC berikutnya berada di Masjid Al Jihad dan di Masjid Iklasiyah Tg. Morawa.

Dibawah koordinasi Tim Pengelola ATM Beras SMMC yakni Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988), bekerja sama dengan BKM Masjid Al Musabbihin dan Tim Teknis UMSU, SMMC menyelenggarakan peresmian ATM Beras sekaligus sosialisasi kepada penerima kartu, serta pengelolaan bersama ATM-B tersebut.

Sejak Sabtu 10 Maret 2018 ATM-B ini resmi beroperasi. Peresmian dilakukan oleh Ketua Umum SMMC yakni Muhammad Iqbal Noor (SMMC 1992) didampingi oleh Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988) selaku Koordinator ATM Beras SMMC. Peresmian ditandai dengan penyerahan kartu dan pengambilan beras perdana oleh para penerima kartu.

Pihak BKM Musabbihin yang diwakili oleh H.M.Noorman, sangat mengapreasi kehadiran ATM-B ini. “Musabhihin tidak hanya berorientasi pada ibadah, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat yang berkontribusi terhadap peradaban,” ucap Noorman dalam sambutannya.

Beberapa anggota SMMC lain yang hadir dan memberikan sambutan yaitu Gus Irawan Pasaribu (SMMC 1983 yang juga Ketua Ikal Smansa Medan dan Ketua Komisi VII DPR-RI) dan Maulana Pohan (SMMC 1971 yang juga Penasehat Smansa Medan).

“ATM Beras SMMC ini satu terobosan besar oleh sahabat kami SMMC, sehingga kami harapkan mendapat suport dari banyak kalangan agar dapat dilaksanakn secara berkesinambungan,” ucap Gus Irawan saat ditanya kesannya terhadap ATM-B.

Sementara dari angkatan 1984 selaku inisiator keberadaan ATM-B tersebut, sambutan diwakili oleh Muharni (SMMC 1984). Selain itu, para Kepala Lingkungan setempat juga hadir dan memberikan sambutan.

31 KK Menerima Kartu ATM Beras

Pada tahap awal ATM-B ini akan menyalurkan beras kepada 31 KK penerima kartu ATM-B. Penerima kartu ATM-B tersebut akan mendapat alokasi beras sebanyak 4 liter/pekan. Beras yang disediakan oleh ATM-B SMMC in syaa Allah beras berkualitas dengan standar minimal IR64.

31 KK penerima kartu ATM-B tahap awal ini diantaranya adalah marbot masjid, tukang becak, pembantu rumah tangga, pedagang kecil keliling dan juga para pemulung sampah plastik di sekitar masjid. Untuk memenuhi kebutuhan beras 31 KK tersebut dibutuhkan sekitar 6 ton beras/tahun.

Bisa Melayani Hingga 500 KK

Direncanakan jumlah KK penerima kartu ATM Beras di di Masjid Al Musabbihin akan ditambah untuk memenuhi kebutuhan dhuafa lainnya. Setiap unit ATM-B mampu melayani maksimal 500 kartu. Jika kondisi tersebut dicapai, maka dengan kuota 4 liter/KK/pekan dibutuhkan beras sebanyak 94 ton/tahun/unit ATM-B untuk 500 KK tersebut.

Sedekah Beras Bantu Tingkatkan Kualitas Hidup

Program sedekah beras ini didasarkan pada kondisi masih banyaknya penduduk miskin Kota Medan. Data BPS Sumatera Utara tahun 2016 menunjukkan bahwa Kota Medan masuk dalam 5 kab/kota dengan jumlah penduduk termiskin terbanyak di Sumatera Utara.

Sedekah beras ini bertujuan untuk membantu kebutuhan beras keluarga dhuafa di Kota Medan dengan kualitas yang terjaga mutunya. Dengan bantuan beras ini, pengeluaran yang sebelumnya untuk beras dapat dialihkan untuk membeli lauk pauk maupun untuk keperluan sekolah anak-anak atau modal usaha. Harapannya, program ini mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan mereka.

Penyediaan beras di ATM-B SMMC berasal dari sedekah dari para donatur yang tersebar di Kota Medan dan bahkan di luar Kota Medan. Untuk keberlanjutan fungsi dan manfaat ATM-B ini seterusnya, sangat dibutuhkan dukungan dari saudara-saudara muslim lainnya.

Ayo Sedekah Beras

Mulai sekarang, SMMC mengajak kaum Muslim Kota Medan untuk ikut Program Sedekah Beras. Salurkan sedekah terbaiknya untuk penyediaan beras berkualitas secara kontinyu melalui ATM Beras untuk kaum dhuafa Kota Medan.

Rekening ATM Beras SMMC
Bank Syariah Mandiri (kode 451) No Rekening 7108682986 an. SMMC ATM Beras (konfirmasi transfer ke e-mail sedekah.beras@smmc.or.id) atau klik di sini.

*Humas SMMC*

 

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *