Tadabur Al Quran Surah An-Nashr

Share this

SMMC.or.id. — An Nashr berarti “Pertolongan”, surah An-Nashr ini berisi janji bahwa pertolongan Allah akan datang dan Islam akan memperoleh kemenangan.

“Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.” (QS. An Nashr: 1-3)

Mentadaburi Al Quran  surah An-Nashr adalah materi kajian SMMC 1992 pada 4 Maret 2018 lalu.  Pengajian rutin bulanan SMMC 1992 ini dilaksanakan di rumah Kak Susi di Medan.

Materi kajian disampakan oleh Ustad Dakka Simanjuntak, M.A. Adapun ringkasan materinya sebagai berikut:

1. Pertolongan Allah. Pertolongan Allah tidak ada batasnya. Pertolongan Allah itu tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Pertolongan dan kemenangan itu datang dari Allah, bukan dari kita atau orang lain. Akui bahwa setiap keberhasilan yang diperoleh dalam usahanya itu, bukan karena kemampuannya sendiri, melainkan karena karunia dan rahmat Allah.

Sangat jarang kita dengar saat kita mendapat kemenangan, kita berkata sudah bahwa itu kehendak Allah. Tapi saat kita mendapat musibah selalu kita bilang mungkin ini memang sudah kehendak Allah.

2. Saat kita melihat orang masuk Islam maka bertasbih lah, ucapkan Subhanallah..alhamdulillah..bukan Allahu Akbar.

“Engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah. Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada Nya. Sungguh, Dia maha penerima tobat ” (QS. An-Nashr: 2-3).

3. Taubat itu bukan sekedar tidak mengulangi perbuatan buruk yang lalu, tapi merasa jijik untuk mengungkapkan perbuatan masa lalunya tersebut.

Banyak orang yang bangga menceritakan masa lalunya tersebut karena sekarang dia sudah bertobat. Banyak istighfar, mohon ampun, kembalikan semua pada Allah. Nashrun minallaah.

In syaa allah kita selalu bertasbih memuji-NYA dan meminta ampun kepada-NYA dikala terjadi peristiwa yang menggembirakan.

Humas SMMC 92

Simak materi Ngobrol Perkara Islam lainnya di sini.

#PengajianAngkatan 92
#PengajianSMMC
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

 

Share this

One Comment on “Tadabur Al Quran Surah An-Nashr”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *