SMMC Nonton Bareng Film 212 The Power of Love Bersama Anak Yatim dan Dhuafa

Share this

SMMC.or.id — Love, faith and peace, tagline dalam film 212 The Power of Love, terasa benar saat acara nonton bareng pada Kamis, 10 Mei 2018 kemarin. Bahagia dan damai rasanya, ketika melihat senyum dan tawa yang menghiasi wajah para anak yatim dan dhuafa yang diajak SMMC untuk nonton bareng film tersebut.

Nonton bareng film 212 ini adalah kegiatan Jum’at Berkah mandiri oleh Smansa Medan Muslim Community (SMMC) angkatan 1998. Kegiatan ini mengajak sebanyak 212 anak yatim dan dhuafa berbahagia bersama dengan nonton bareng di Studio XXI Hermes, Polonia, Medan.

Foto bersama sebelum nonton

Mereka ramai-ramai datang dari Langkat, Namorambe, Kutalimbaru, Pancurbatu, Beringin, Patumbak dan Kota Medan. Belasan armada dengan spanduk SMMC menjemput dan mengantar mereka dari lokasi masing-masing ke tempat nonton. Tawa dan canda serta wajah ceria dan antusias mewarnai perjalanan mereka hingga ke gedung bioskop.

Rayyan, kelas 6 SD, yatim piatu sejak masih bayi, mengatakan sangat senang bisa nonton di bioskop. Selama ini dia dan teman-temannya belum pernah ke bioskop. Sebagian besar dari anak-anak yatim tersebut memang belum pernah kesana, sehingga mereka nampak sangat antusias. “Waah, TV nya kok besar kali bu? Cemana ngidupinnya?”, ucap spontan salah seorang anak ketika masuk ruang studio. Ada pula yang nampak ragu ketika akan naik tangga, “Gak apa-apa naek tangga ini bu? Kok gelap? takut awak”, ucap anak lainnya.

Kegiatan hari ini memberikan pengalaman baru buat mereka. Tidak hanya tentang pesan Islam Rahmatan lil ‘Alamiin yang disampaikan dalam film yang mereka tonton, melainkan juga pengalaman menyaksikan kemajuan teknologi.

Dalam acara nonton bareng ini, selain SMMC angkatan 1998, angkatan lain juga ikut serta. Nampak hadir anggota SMMC 71, 72, 81 dan juga 92. Total seluruh yang hadir sebanyak 264 orang.

Selain mengajak nonton, SMMC 1998 juga membagikan bingkisan untuk mereka. Ada popcorn dan minuman untuk menemani mereka nonton. Ada pula bingkisan makan siang dan snack, serta bingkisan sajadah untuk dhuafa dewasa yang menyertai anak-anak yatim tersebut. Di akhir acara, rombongan sholat dzuhur berjamaah di Masjid Taqwa Polonia dan dilanjutkan makan siang bersama.

Budi Nugroho Hamid, Ketua SMMC 1998, dalam sambutannya di akhir acara menyampaikan motivasi pada anak-anak yatim dan dhuafa. Bahwa bersedekah harus menjadi kegemaran setiap orang. Tidak harus menjadi orang berada untuk bisa sedekah. Siapa saja bisa. Karena senyum saja pun bernilai sedekah. Budi juga menyampaikan makna kata “terima kasih”. Bahwa setiap yang kita terima, harus ada yang kita kasih (berikan) kepada orang lain dalam bentuk kebaikan apapun yang bermanfaat. Meskipun itu hanya senyum dan menyingkirkan sepotong duri dari jalan.

SMMC sebagai yayasan yang bervisi meningkatkan pemberdayaan umat Islam yang Rahmatan lil ‘Alamin memiliki kegiatan membantu anak-anak yatim dan dhuafa. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Jumat Berkah SMMC. Demikian pula angkatan-angkatan dalam SMMC, juga memiliki berbagai program pemberdayaan umat.

Kru Nobar SMMC 98

Melihat perkembangan anak-anak yang dibantu menjadi lebih baik, sungguh suatu kebahagiaan tersendiri. Benarlah yang sering dikatakan orang-orang, bahwa bahagia akan hadir ketika bisa membahagiakan orang lain. Apalagi ketika yang dibahagiakan itu adalah anak yatim dan dhuafa.

Rasulullah SAW telah memberikan teladan betapa beliau sangat menyayangi anak yatim. Dalam salah satu hadist Rasul, ditunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim.

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”,  kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak merenggangkan keduanya.” [HSR al-Bukhari No. 4998 dan 5659).

Semoga kegiatan yang diselenggarakan ini dapat semakin meningkatkan ukhuwah Islam anggota SMMC. Pun juga semakin meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat dan kasih sayang Allah SWT yang dilimpahkan kepada kita.

Jazaakumullaahi khairan abang dan kakak. Baraakallaahu fiikum.

Humas SMMC 1998

Foto-foto NoBar lainnya bisa dilihat di sini.

#JumatBerkahMandiri98
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *