Berbagi Ifthar Ramadhan, Berbagi Kebahagiaan dan Menguatkan Ukhuwah

Share this

SMMC.or.id. — “…Nenek udah gak ada gigi lagi,…malu senyum lebar nak… Tapi hati nenek senaaang kali liat kalian…berasa punya keluarga …”, demikian ucap salah seorang nenek sambil tersenyum dengan mata berbinar saat dikunjungi Smansa Medan Muslim Community (SMMC) pada 29 Mei 2018 lalu.

Nenek tersebut adalah salah seorang dari sekitar 60 penghuni Pondok Pesantren Babussalam Nurul Hikmah, Desa Baru Batang Kuis, Sumut. Mereka adalah para orang tua yang kebanyakan tidak memiliki keluarga lagi, sebagian bahkan berada disana karena dilupakan oleh keluarganya. Sehari-hari mereka mengaji, zikir, memasak, makan dan tidur di sana.

Pondok pesantren ini adalah salah satu dari puluhan lokasi  dikunjungi oleh SMMC dalam rangka kegiatan Tebar Ifthar Ramadhan 1439 H. Lokasi lain yang dikunjungi antara lain panti asuhan, rumah tahfiz, jama’ah masjid, pondok pesantren, musholla dan masyarakat kurang mampu. Seluruhnya berada di Kota Medan dan kabupaten sekitarnya.

Berbagi Itu Membahagiakan

Berbagi paling sederhana namun membahagiakan di bulan Ramadhan, adalah berbagi makanan berbuka (ifthar). Karena berbuka, adalah saat paling dinantikan bagi mereka yang berpuasa. Bahkan hanya dengan seteguk air dan sebutir kurma pun, akan diganjar Allah pahala selayaknya mereka yang berpuasa. Siapa yang tidak akan bahagia karenanya?

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” [HR. Tirmidzi No. 807]

Tebar Ifthar oleh SMMC 1992 di Rumah Tahfiz
SMMC Berbagi Ribuan Ifthar Ramadhan

Tidak ingin melewatkan kesempatan meraih keberkahan Allah SWT di Ramadhan ini, dengan tema “SMMC untuk SATU”, SMMC kembali mengelar kegiatan Tebar Ifthar dalam Program Tebar Berkah Ramadhan SMMC 1439 H.

Kegiatan tebar ifthar ini meliputi tebar 1595 paket ifthar ke 20 lokasi, tebar 3000 ifthar di Masjid Al Jihad Medan, dan tebar 186 dus air mineral botol 330 ml ke beberapa masjid di Kota Medan dan kabupaten sekitar (detil laporan).

Tebar Ifthar oleh SMMC 1998 di Masjid Ikhlasiyah Tg.Morawa

Sungguh kebahagiaan yang tak ternilai melihat senyum dan mata berbinar para santri dan jamaah masjid saat menerima makanan berbukanya, dan juga tawa lepas para nenek penghuni pondok pesantren saat dikunjungi. Benarlah,…bahwa berbagi itu membahagiakan.

Bukan Sekedar Berbagi

Kegiatan tebar ifthar ini, bagi SMMC bukanlah sekedar berbagi. Melainkan juga sangat bermakna dalam menguatkan ukhuwah Islam sesama anggota SMMC. Di dalam setiap paket ifthar yang dibagikan, terdapat kerjasama sekitar 1000 orang mulai dari angkatan 1959 hingga 2016 SMMC. Dalam proses penyalurannya pun, dilakukan atas kerjasama angkatan-angkatan SMMC.

Oleh karenanya, bagi SMMC, berbagi ifthar Ramadhan ini adalah kegiatan yang membahagiakan. Pertama bahagia karena bisa membahagiakan orang lain. Kedua, bahagia karena Allah telah melimpahkan semangat ukhuwah dan persatuan di antara anggota-anggota SMMC, sehingga kegiatan berbagi ifthar dapat dilakukan dengan semangat kerjasama. Ketiga, bahagia karena menumbuhkan rasa persaudaraan sesama manusia kepada para penerima saudara muslim kita.

“dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana.’ [QS Al Anfal ayat 63].

Kekompakan salah satu pelaksana tebar (SMMC 2003)
Bersyukurlah Karena Hidupmu Beruntung

Mengikuti perjalanan angkatan-angkatan SMMC saat menyampaikan paket ifthar Ramadhan, terasa sekali betapa beruntungnya kita. Beruntung karena kita masih tinggal di rumah yang nyaman, tidak tinggal di panti asuhan atau pun di rumah-rumah dhuafa. Beruntung karena setiap hari masih bisa berbuka dengan makanan yang lebih dari cukup, tanpa harus menunggu pemberian orang lain.

Namun keberuntungan yang paling besar adalah ketika kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berbagi di bulan suci ini. Masih diberi nikmat sehat dan iman sehingga bisa berjalan menyampaikan amanah-amanah itu secara langsung.

Oleh karenanya, bersyukurlah atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Salah satu cara bersyukur kepada Allah SWT adalah dengan selalu bersedekah baik di waktu lapang maupun sempit, senantiasa melakukan amal-amal sholeh serta selalu memohon ampunan dari Allah.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” [QS. Ali Imran ayat 133-134]

Tebar Ifthar oleh SMMC 1989 di Panti Yatim Piatu dan Dhuafa Abu Sadari

Semoga Allah SWT meridhoi dan melimpahkan keberkahan untuk kita semua.

Humas SMMC

Foto-foto kegiatan SMMC Tebar 1000 Ifthar Ramadhan 1439 H dapat dilihat di Gallery Foto.

Bagikan kisah ini, karena in syaa Allah, setiap cerita kebaikan yang dibagi, akan menginspirasi kebaikan lainnya.

#RamadhanLebihBaik
#TebarBerkahRamadhan
#SMMCuntukSatu
#BersinergiMembangunNegeri

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *