Kami Ingin Bersinar Seperti Mentari

Share this

SMMC.or.id. — PAUD dan TPQ Mentari. Demikian nama sekolah itu. Oleh pendirinya, Mentari disematkan sebagai nama sekolah, karena berharap tempat ini dapat memberi cahaya pengetahuan dan akhlak pada anak-anak usia dini yang belajar di sana.

Paud dan TPQ Mentari terletak di perbatasan Kab. Indragiri Hilir dengan Kab. Pelalawan, Provinsi Riau. Ruangan tempat belajar anak-anak, berasal dari tempat wudhu sebuah masjid yang tidak terpakai lagi. Ruangan itu diperbaiki, ditata dan dihias seadanya, agar anak-anak cukup layak belajar disini.

Kakanda Rini Indriani SMMC 1991, adalah salah seorang pendirinya bersama beberapa ibu lainnya. Beliau juga aktif mengajar di TPQ pada sore hari. Kegiatan lainnya adalah mempersiapkan anak menghafal Al Qur’an, memperbaiki bacaan dulu (tahsin Qur’an) dan termasuk menyiapkan program/rencana belajar.

Sekolah ini dibentuk pada 4 April 2016 secara swadaya. Latar belakangnya, karena banyak anak-anak karyawan perkebunan yang dititipkan selama orang tuanya bekerja. Jumlah guru awalnya 4 tanpa gaji. Mereka bekerja ikhlas. Meski tak bisa mengasuh anak dengan cukup layak karena jumlahnya sangat banyak, lebih dari 50 orang.

Semua perangkat, kelengkapan untuk bermain dan belajar anak, diambil dari barang tak terpakai dan ada juga yang dibeli. Display/hiasan di dinding ada yang dibuat sendiri. Demikian pula mainan, seperti puzzle, alat peraga kebanyakan dibuat sendiri.

Ada sekitar 25 orang di anak didik di PAUD dan lebih dari 30 orang anak didik di TPQ. Kebanyakan orang tua mereka adalah pegawai kecil di perusahaan perkebunan swasta yang tak jauh dari lokasi sekolah tersebut. Mereka sekolah disini gratis, karena orang tua mereka adalah buruh kebun bergaji rendah. Kesibukan orang tua mereka bekerja di kebun, ditambah penghasilan yang kecil, membuat para orang tua tidak begitu peduli dengan pendidikan anak-anak di PAUD dan TPQ.

Meski usia sekolah Paud &TPQ Mentari baru sekitar 2 tahun, dan letaknya di areal perkebunan, sekolah ini sudah beberapa kali mengadakan kompetisi/lomba untuk menghidupkan suasana keIslaman. Antara lain MTQ untuk anak dan dewasa, lomba praktek wudhu dan shalat, lomba hafal an hadits, surat pendek. Lomba hapalan doa PAUD dan SD. Dan terakhir lomba hafalan QS. Ar Rahman dan Al Waqi’ah.

Jum’at Berkah SMMC di Paud & TPQ Mentari

Melalui dana Jum’at Berkah, alhamdulillah SMMC dapat berkontribusi dalam pendidikan Islam bagi anak-anak usia dini di Paud & TPQ Mentari Riau. Sebuah TV 42 inchi sebagai alat bantu belajar mengajar dan juga bantuan honor guru bulanan telah dialokasikan sejak April 2018.

In syaa Allah Program Jum’at Berkah SMMC ini dapat memberikan semangat dan manfaat yang lebih baik kepada pengelola dan guru-guru PAUD dan TPQ Mentari, dan juga bagi anak-anak yang belajar di sana. Dan tentunya bagi Kakanda Rini Indriani SMMC 1991 yang berjuang di sana. In syaa Allah.

Jazaakumullaahi khairan kepada seluruh kontributor Jum’at Berkah SMMC. Baraakallaahu fiikum.

Humas SMMC

Simak kisah Jum’at Berkah lainnya di sini.

#JumatBerkahSMMC
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

 

 

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *