Tebar Qurban SMMC di Tanah Karo 1439 H

Share this

SMMC.or.id. — Ibadah qurban adalah pertanda cinta. Cinta kepada sang Khalik dan cinta kepada sesama. Tidak berbeda baik ketika jauh ataupun dekat. Sebab iman dan cinta membuat semuanya jadi dekat. Bahwa kebahagiaan mereka sama di hati kita.

Senyum ceria dan rona bahagia menghiasi wajah warga Dusun Pertapakan, Tanah Karo. Mereka berkumpul di lokasi pelaksanaan pemotongan hewan qurban selepas sholat Idul Adha 1439 H.  Bagaimana tidak, ini hari yang dinanti-nanti karena akan mendapatkan daging qurban.  Sesuatu yang sangat jarang mereka nikmati.

Pelaksanaan Qurban SMMC di Dusun Pertapakan, Kuta Buluh, Karo

“Hampir seluruh warga muslim di sini adalah dhuafa, Buk. Kami kerjanya jadi buruh tani, sehingga penghasilan sangat kecil.  Apalagi tahun ini kemarau beberapa bulan, jadinya tak ada pemasukan,” kisah Fadly Marpaung, ustad muda SMMC 2008 yang sejak tahun 2015 lalu mengabdikan diri mengurus masjid dan mengajarkan agama Islam di Dusun Pertapakan, Desa Buah Raya, Kuta Buluh, Karo.

Desa Buah Raya, Kecamatan Kuta Buluh adalah salah satu daerah muslim minoritas di Kabupaten Karo.  Jaraknya sekitar 110 km atau 4 jam perjalanan dari Kota Medan. Di sana, jumlah penduduk muslimnya hanya sekitar 19%, atau sebanyak 39 KK dengan 12 KK di antaranya adalah muallaf.  Oleh karenanya pada Idul Adha 1439 H ini mereka sangat bahagia karena ada 5 ekor sapi qurban untuk dusunnya dan juga desa-desa lain di sekitarnya.

Kondisi yang hampir sama juga dirasakan warga muslim di Desa Penampen, Kecamatan Barusjahe. “Sejak 7 tahun berdakwah di sini, alhamdulillah akhirnya tahun lalu (2017) kami mendapat hewan kurban, 1 ekor kambing,” kisah Ustad Rudin Barus, dai di desa itu. Oleh karenanya, memperoleh 2 ekor sapi qurban dari SMMC tahun ini (2018) merupakan kebahagiaan yang luar biasa bagi mereka.

Pelaksanaan Qurban SMMC di Desa Penampen, Barusjahe, Karo

Saat ini Ustad Rudin membina sekitar 160 KK muslim, 30 KK diantaranya muallaf dan 25KK adalah dhuafa. Penghasilan utama mereka juga dari bertani, sehingga kehidupannya pun sangat sederhana. Kondisi ini yang menyebabkan belum ada muslim yang mampu berkurban di Idul Adha.

Tebar Qurban SMMC 1439 H di Tanah Karo

Alhamdulillah pada Idul Adha 1439 H ini, dari anggota, keluarga dan para sahabat SMMC diperoleh 7 ekor sapi qurban di Tanah Karo.  Penanggung jawab pelaksanaan qurban SMMC di Tanah Karo adalah Ade Kurniawan Gajah dan Diah Ayoe Wulandari SMMC 1993.

Pelaksanaan qurban SMMC di Tanah Karo berada di dua lokasi, yaitu di Dusun Pertapakan, Kutabuluh dan Desa Penampen, Barusjahe, Tanah Karo.  Penanggung Jawab lapangan pelaksanaan qurban adalah Ustadz Muhammad Fadly Marpaung SMMC 2008 (di Pertapakan) dan Ustadz Rudin Barus (di Barusjahe).

a. Pelaksanaan Qurban di Dusun Pertapakan

Pemotongan dan penyaluran hewan 5 ekor sapi qurban telah dilaksanakan pada 22 Agustus dan 23  Agustus 2018 oleh Ustadz M. Fadly Marpaung (SMMC 2008) bersama tim dan dihadiri oleh Diah Ayoe (SMMC 93).

Sebanyak 696 paket qurban dari 5 ekor sapi telah dibagikan di desa-desa sebagai berikut:

  • Desa Pertapakan 36 paket
  • Desa Negri Kahe 51 paket
  • Desa Kuta Buluh Gugung 51 paket
  • Desa Kuta Male 26 paket
  • Desa Lau Buluh 168 paket
  • Desa Siabang Abang 42 paket
  • Desa Jinabun 43 paket
  • Lain-lain 44 paket
  • Desa Kuta Buluh 235 paket
 
b. Pelaksanaan Qurban di Desa Penampen

Pemotongan dan penyaluran 2 ekor sapi qurban telah dilaksanakan pada 22 Agustus 2018 oleh Ustadz Rudin Barus bersama tim dan dihadiri oleh Ade Kurniawan Gajah (SMMC 93). Selain itu sebagian daging juga dimasak untuk acara makan bersama dengan masyarakat muslim se-Kecamatan Barusjahe.

Dari 2 ekor sapi qurban tersebut diperoleh sebanyak 222 paket qurban yang telah dibagikan di desa-desa sebagai berikut:

  • Desa Penampen 27 paket
  • Desa Siberteng 89 paket
  • Desa Buntu 21 paket
  • Desa Kutalimbaru 20 paket
  • Desa Kabung 21 paket
  • Desa Serdang 25 paket
  • Desa Basam 11 paket
  • Desa Bawang 8 paket

Jazaakumullaahi khairan untuk seluruh yang telah berqurban di Tanah Karo, dan juga para pelaksana yang telah menyediakan waktu, tenaga dan pikiran untuk kelancaran kegiatan ini.  Baraakallaahu fiikum.  Aamiin yaa robbal alamiin.

Humas SMMC

Simak kisah qurban SMMC di Nias di sini dan kisah qurban tahun lalu di sini.
Simak juga album foto kegiatan qurban 1439 H di sini.

#SMMCBerqurban
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *