Lombok Update II

Share this

SMMC.or.id. — Rentetan gempa yang melanda Nusa Tenggara Barat sejak 29 Juli 2018 lalu tidak hanya berdampak di Pulau Lombok, melainkan juga di Pulau Sumbawa. Bahkan, gempa besar berskala 6,9 SR pada 19 Agustus 2018 lalu, telah menghancurkan ribuan rumah di Kabupaten Sumbawa Besar. Desa Gelampar, di Kecamatan Alas Barat salah satunya.

“Sepanjang jalan tapak yang dilalui, kami menyaksikan puing-puing bangunan rumah. Gempa itu telah merubuhkan hampir 100% rumah warga di desa itu,” tutur Winda saat menyalurkan bantuan SMMC untuk Sumbawa. Saat ini korban gempa tinggal di tenda-tenda pengungsian karena rumah sudah tidak dapat dihuni lagi.

Winda adalah anggota SMMC 2011 yang sedang bertugas menjadi dokter intership di Sumbawa Besar. Bersama 6 temannya yang juga dokter, pada Jum’at 24 Agustus 2018 telah menyalurkan bantuan untuk para pengungsi korban gempa di Kabupaten Sumbawa Barat.

Bantuan disalurkan ke 6 posko yang terletak di Dusun Labuhan Burung Kecamatan Alas, Desa Gelampar Kecamatan Alas Barat dan desa-desa sekitarnya. Bantuan yang diberikan berupa beras, minyak makan, mie instan, susu, air mineral, snack anak-anak, popok bayi dan selimut.

Suasana desa sangat gelap di kala malam karena listrik dipadamkan. Warga lebih memilih tinggal di tenda-tenda pengungsian di lapangan. Meski dalam kondisi demikian, keceriaan tetap nampak di wajah mereka saat menyambut setiap yang berkunjung ke sana.

“Padahal mereka telah kehilangan tempat berteduh, dan tidak tahu sampai kapan mereka akan tinggal di bawah tenda. Musibah ini mengajarkan akan keikhlasan,” ucap Winda.

Dari perjalanan menyalurkan bantuan, sekilas Winda melihat bahwa kondisi daerah yang terkena dampak gempa di Sumbawa Besar, terutama Kecamatan Alas dan Alas Barat, kegiatan ekonomi masyarakat masih berjalan walaupun sebagian toko dan pasar tutup.

Namun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari berupa makanan pokok dan air bersih masih bisa diperoleh warga walaupun terbatas, dan tentunya jika memiliki uang. Oleh karenanya, selain dukungan bantuan berupa logistik, hal yang paling dibutuhkan mereka adalah pemulihan trauma paska gempa (trauma healing) terutama untuk anak-anak dan lanjut usia.

Mari para uhkwah fillah SMMC. Kita satukan doa, asa dan upaya agar bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita di sana. In syaa Allah bantuan Tahap IV dari SMMC akan segera disalurkan.

SMMC untuk Lombok-Sumbawa Update
  • Donasi yang masuk per 29 Agustus 2018 sebesar Rp 55.150.088,-
  • Tahap I telah disalurkan selimut dan terpal senilai Rp 3.000.000,- dari dana Jum’at Berkah
  • Tahap II telah disalurkan  sembako dan alat kebersihan personal di Lombok senilai Rp 6.000.000,-
  • Tahap III telah disalurkan sembako, popok bayi, selimut ke Sumbawa senilai Rp 5.000.000,-

Salurkan donasi ke Bank Syariah Mandiri (Kode 451) No Rek :7109099885 an. SMMC Div Dakwah. Konfirmasi ke dompet@smmc.or.id

Jazaakumullahi khair untuk ukhwah fillah SMMC yang telah berkontribusi. Baraakallaahu fiikum.

Humas SMMC

#SMMCuntukSumbawa
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *