Lombok Update III

Hujan deras mengguyur Mataram siang ini
Share this

SMMC.or.id. — Hujan deras mengguyur Mataram siang ini (23/9), mengiringi perjalanan Thyas SMMC 1989 saat menyalurkan bantuan untuk korban gempa Lombok.  Kali ini tujuannya adalah Desa Jeringo dan Desa Gelangsar, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat.

“Ternyata, Desa Jeringo, terutama bagian Timur, sangat parah karena gempa 7.0 dan 6.2 SR pada 5 dan 9 Agustus 2018 lalu,” tutur Thyas menceritakan kondisi di sana.  “95% bangunan dan rumah hancur! Gak nyangka separah itu, karena lokasi sangat dekat dengan Mataram yang kondisinya secara umum baik pasca gempa besar tersebut,” lanjut Thyas.

Ahad, 23 September 2018, Thyas SMMC 1989 kembali menyalurkan bantuan SMMC untuk korban gempa Lombok.  Penyaluran ini adalah yang ketiga dilakukan Thyas di Lombok, setelah sebelumnya pada 12 dan 18-19 Agustus 2018. Ditemani oleh sang bungsunya, Kal El, bantuan berupa terpal, tikar, selimut, sarung, jilbab, beras dan mie instan disalurkan kepada para pengungsi di kedua desa tersebut.

Bantuan Gempa Lombok dari SMMC
Thyas SMMC 1989 dan ananda Kal El di Desa Gelangsar, Lombok Barat

“Kal El ikut terus dia, jadi relawan cilik,” tutur Thyas menceritakan anak bungsunya yang semangat menemaninya menyalurkan bantuan untuk korban gempa Lombok ke berbagai desa. “Dari kecil Kal El sudah terlihat peduli pada yang fakir, harus dipupuk terus kepedulian itu,” lanjut Thyas.

Hampir 2 bulan lamanya masyarakat di sana tinggal di tenda darurat pengungsian.  Kondisi yang memprihatinkan karena mulai terserang penyakit menular, terbatasnya air bersih dan sarana MCK, semakin berat dirasakan ketika hujan deras mengguyur tenda-tenda rapuh mereka. Becek, dingin dan air yang menggenangi sebagian tenda mereka.

Saudara-saudara kita di sana belum tahu hingga kapan tinggal di pengungsian. Oleh karenanya, kepedulian kita sebagai sesama anak bangsa akan sangat berarti bagi mereka.

Bantuan Gempa Lombok dari SMMC
Terpal, tikar, selimut, sarung, jilbab, beras dan mie instan

In syaa Allah bantuan yang disalurkan melalui SMMC pada tahap berikutnya akan digunakan untuk membangun instalasi air bersih siap minum dan kebutuhan lain sesuai kondisi di lapangan dan dana yang tersedia.

SMMC untuk Lombok-Sumbawa Update
  • Donasi yang masuk per 29 Agustus 2018 sebesar Rp 55.150.088,-
  • Tahap I telah disalurkan selimut dan terpal senilai Rp 3.000.000,- dari dana Jum’at Berkah
  • Tahap II telah disalurkan  sembako dan alat kebersihan personal di Lombok senilai Rp 6.000.000,-
  • Tahap III telah disalurkan sembako, popok bayi, selimut ke Sumbawa senilai Rp 5.000.000,-
  • Tahap IV telah disalurkan terpal, tikar, selimut, sarung, jilbab, beras dan mie instan senilai Rp 6.000.000,-
  • Mukena untuk Lombok 30 set telah dititipkan kepada tim ACT
  • Tahap V in syaa Allah disalurkan dalam bentuk instalasi air bersih dan sarana ibadah, saat ini proses pembangunan sedang berjalan.

Bismilllahirrohmanirrohim. Semoga bantuan kecil ini bisa ikut mengurangi beban saudara-saudara kita di sana. In syaa Allah.

Humas SMMC

#SMMCuntukLombok
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *