Tahap 1 – SMMC Peduli Sulawesi Tengah

SMMC Peduli Sulawesi Tengah Tahap 1
Share this

SMMC.or.id. — Belasan orang terlihat bergegas mengangkat dan menyusun ratusan paket barang ke sebuah kapal yang sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (03/10/18) .  Saat itu, hari sudah mulai gelap, lampu-lampu kapal pun sudah dihidupkan, sehingga suasana nampak temaram.  Samar-samar terbaca tulisan Peduli Sulawesi Tengah, yang menempel pada paket-paket tersebut.

Beberapa truk dan mobil tampak berderet mengantri untuk muat barang di kapal bertuliskan Baruna Jaya I. Kapal tersebut adalah kapal riset BPPT yang membawa paket bantuan untuk korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.  Kapal tersebut berangkat pukul 23.00 WIB, Rabu malam kemarin (03/10).

Kapal Angkut bantuan Sulawesi Tengah

“Ba’da magrib saya tiba di kapal, membawa bantuan tahap I dari SMMC untuk Sulawesi Tengah.  Lalu saya laporan manifest bantuan kepada Bapak Ilyas, selaku penanggung jawab operasi kapal,” tutur Toga Lubis, Sekjen SMMC.

“Alhamdulillah, allahu akbar, bantuan sangat melimpah dari berbagai kalangan masyarakat,.. dari berbagai organisasi,.. dari berbagai perusahaan,… terus menerus masuk ke dalam kapal.  Semuanya antusias membantu,” lanjut Toga.

SMMC untuk Palu

Tahap 1 – SMMC Peduli Sulawesi Tengah

Gempa dan tsunami yang melanda wilayah beberapa Sulawesi Tengah, pada Jum’at 28 September 2018 lalu, telah mengakibatkan ribuan rumah, masjid, bangunan dan infrastruktur di berbagai daerah ambruk luluhlantak. Ribuan jiwa melayang dan ratusan luka-luka.  Kondisi tersebut telah menggerakan kepedulian berbagai kalangan, termasuk ukhwah fillah SMMC untuk turut membantu beban mereka yang tertimpa musibah.

Bantuan SMMC tahap I telah dititipkan ke KM Baruna Jaya I BPPT pada Rabu 3 Oktober 2018.  Hal ini terlaksana melalui koordinasi dengan Abangda Dr. Ir. Hammam Riza, MSc., Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam, yang juga anggota SMMC 1981.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan Bang Hamman, saya bersama Adhiarti, Sekretaris Humas SMMC menyerahkan secara simbolis sebanyak 9 paket bantuan ke Kantor BPPT Jakarta, diterima oleh Pak Adi, koordinator kegiatan Palu. Selanjutnya kami langsung menuju ke dermaga Tanjung Priok untuk muat barang, karena kapal akan berangkat malamnya,” kata Toga menceritakan suasana saat serah terima.

SMMC Peduli Sulawesi Tengah tahap 1
Serah Terima Bantuan SMMC untuk Sulteng secara simbolis di diterima Pak Adi dari BBPT

Isi paket bantuan mencakup perlengkapan bayi, perlengkapan wanita, pria dan anak serta selimut.  Bantuan diterima secara simbolis oleh nahkoda kapal dan tim BPPT, setelah sebelumnya koordinasi muat barang dengan Pak Surya dan pelaporan manifest ke Pak Ilyas.

“Alhamdulillah barang-barang kita sangat memenuhi kriteria dan sangat dibutuhkan, berdasarkan pengamatan dari BPPT,” lanjut Toga.

Ada pengalaman mengharukan saat proses pembelian bantuan. “Salah satu penjual barang, juga ikut menyumbang beberapa keperluan bayi, pria dan anak.  Masyaa Allah, ternyata sangat banyak yang mau berbagi membantu saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah,” cerita Toga saat menutup laporannya.

Abangda Hamman, SMMC 1981 sangat mengapreasi kontribusi SMMC dalam kegiatan ini.  Beliau berpesan agar kiranya SMMC dapat teruslah berbuat amal kebaikan menjadikan Islam Rahmatan lil’alamin. “Alhamdulillah, semoga menjadi amal ibadah, diterima Allah SWT, dari SMMC untuk korban gempa Palu,” doa beliau.

Update – SMMC Peduli Sulawesi Tengah

* Open Donasi Sulawesi Tengah per 1 Oktober 2018
* Donasi yang masuk per 3 Oktober 2018 sebesar Rp 18.150.196,-
* Tahap I telah disalurkan bantuan senilai Rp 3.000.000,- dari dana Jum’at Berkah dan Rp 5.000.000,- dari Dompet SMMC serta titipan barang dari pihak lain berupa:

  1. Perlengkapan bayi: minyak telon, pampers, botol susu, sikat botol, susu formula, kain gendong, selimut bayi.
  2. Perlengkapan wanita: pakaian dalam dan pembalut
  3. Perlengkapan pria dan anak: pakaian dalam

Salurkan donasi ke Bank Syariah Mandiri BSM (451) Nomor Rekening 7108696448 an. Dompet SMMC. Konfirmasi via email : dompet@smmc.or.id atau klik di sini.

SMMC Peduli Sulawesi Tengah Tahap 1

Jazaakumullahi khair untuk ukhwah fillah SMMC yang telah berkontribusi.  Baraakallaahu fiikum.

Humas SMMC

#SMMCpeduliSulawesiTengah
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

Share this

One Comment on “Tahap 1 – SMMC Peduli Sulawesi Tengah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *