Jum’at Berkah di Yayasan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Rumah Ummi

Share this

SMMC.or.id — Kamis, 14 Desember 2017, Program Jum’at Berkah SMMC menyalurkan bantuan kepada Yayasan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Rumah Ummi. Bantuan yang diberikan berupa peralatan untuk mendukung pengelolaan dan kegiatan di Rumah Ummi. Peralatan tersebut yaitu komputer, printer, kamera CCTV dan TV, proyektor dan layar, flip chart, lemari arsip dan filling cabinet, serta peralatan hidroponik untuk pelatihan kerja para korban narkoba.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Ketua Umum SMMC, Muhammad Iqbal kepada Ketua Yayasan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Rumah Ummi, Abangda AKBP Drs. H. Shafwan Khayat, M.Hum (SMMC 1983) dan pengurus. Penyerahan ini disaksikan oleh Kakanda Sari Harahap (SMMC 1968) selaku Dewan Pembina SMMC, Nirmadarningsih (SMMC 1998) Bendahara SMMC dan Nilasari (SMMC 1992) anggota SMMC, dan juga sebagian besar pengurus dan penghuni Rumah Ummi.

Ini merupakan upaya SMMC turut serta berkontribusi dalam upaya merehabilitasi serta memperbaiki mental para penyalahguna narkoba yang dilakukan di Rumah Ummi. Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia darurat narkoba. Kondisi ini sudah terjadi sejak 1971 dan belum berubah sampai sekarang, dan bahkan terus meningkat kasusnya. Ini dinyatakan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso pada awal November 2017 lalu (Kompas.com).

Pengaruh narkoba sudah menyentuh setiap lini di setiap daerah di Indonesia. Tidak ada satu daerah pun di Indonesia yang terbebas dari pengaruh narkoba. BNN merilis data, terdapat 5 juta penyalahguna narkoba di Indonesia, dengan tingkat kematian karenanya sebesar 40-50 orang per hari.

Salah satu anggota SMMC 1983, Abangda AKBP Drs. H. Shafwan Khayat, M.Hum., mendirikan Yayasan Rehabilitasi Narkoba Rumah Ummi pada Mei 2015. Rumah Ummi yang bernuansa islami dan green house ini di dukung oleh tenaga ahli di bidang rehabilitasi narkoba dan juga dilengkapi kegiatan-kegiatan dan program-program yang bermanfaat dalam program pemulihan penyalahgunaan narkoba.

Pendirian yayasan Ini berawal dari keprihatinan Abangda Shafwan Khayat akan rendahnya kepedulian umat Islam pada korban penyalahgunaan narkoba ini. Dari 20 tempat rehabilitasi yang layak di Sumatera Utara, 99% kepemilikannya adalah non Muslim. Padahal, 90-95% korban penyalahguna narkoba di Sumatera Utara adalah yang beragama Islam. Kondisi ini dikhawatirkan berpengaruh pada agama dan akidah keislaman korban narkoba.

Bagi Smansa Medan Muslim Community, kondisi ini sangat mengkhawatirkan. Apalagi Kota Medan, kota asal para muslim Smansa, menjadi peringkat kedua untuk peredaran narkoba setelah Jakarta. Generasi muda SMMC khususnya dan generasi-generasi muda muslim medan umumnya menjadi sangat rentan akan pengaruh narkoba ini. Oleh karena itu, melalui Program Jum’at Berkah, SMMC mencoba turut berkontribusi.

Bagi abang dan kakak yang ingin berkontribusi lebih selain Jum’at Berkah ke Rumah Ummi, silakan menghubungi Abangda Shafwan Khayat (SMMC 1983) di Jalan Rajawali No. 91 Medan, Sumatera Utara, e-mail (rumah.ummi15@gmail.com) atau telepon (0852 1188 2020).  Bagi yang ingin menjadi peserta Program Jum’at Berkah SMMC, silakan daftar di sini.

Semoga donasi Jum’at Berkah kita menjadi amal ibadah dan bermanfaat dalam menolong saudara-saudara muslim kita yang sedang dirawat di Rumah Ummi.

Humas SMMC

Saksikan videonya disini. Klik, subscribe dan share.

 

Simak berita SMMC lainnya disini

#JumatBerkahSMMC
#BersinergiMembangunNegeri
#KembaliKeTanahDeli

 

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *