Dampak Peradaban Ad-Dajjal (Bag. 1)

Share this

SMMC.or.id. — Dahulu alm. KH Zainuddin MZ pernah berceramah yang memcerminkan peradaban dajjal. Salah satu akibat dari peradaban dajjal yang sudah tersamarkan dalam nilai-nilai masyarakat melalui pembenaran yang dasarnya tidak sesuai dengan akhlak orang beragama, yaitu:

1. Mencari kesalahan orang lain tanpa obyektivitas tapi untuk menutupi kesalahan diri hingga menjadi fitnah.(QS. An-Nisa:112)

2. Karena hati yang keras menjadi sombong dan merasa mulia, hadits Qudsi “Allah Azza wa jalla berfirman: ‘Kesombongan adalah Selendang-Ku, dan keagungan adalah kain-Ku. Barangsiapa bersaing (turut memiliki) dalam salah satu dari kedua hal tsb, maka benar-benar akan Aku lemparkan dia ke neraka”. (Abu Dawud, Ibnu Majah dan Imam Ahmad, sahih).

Kemuliaan manusia hanya diantara makhluk Allah lainnya, sedangkan di antara sesama manusia itu tidak boleh walaupun sebiji atom pun.

3. Al-Wahn adalah penyakit akhir jaman yang diramalkan oleh Nabi SAW, yaitu terlalu cinta dunia. Implikasinya takut mati.

4. Hilangnya budaya malu, tidak terhalang perbuatan-perbuatan yang negatif.  Dalam ramalan Nabi SAW menyebutkan perempuan berpakaian tapi telanjang, korupsi merajalela.

Terkorupnya akhlak seseorang, tidak saja membuat amalan yang sia-sia tapi dalam dakwah beliau menunjukkan seorang rajin ibadah pun bisa terancam masuk neraka.

Ceramah beliau yang hampir 10 tahun silam, bagaimana kondisi sekarang dan kemudian? Semoga menjadi renungan bagi saudara-saudara Rahimakumullah.

Update bagian 5 dari Buku Eskatologi Islam 101

Simak juga:
Update bagian 1
Update bagian 2
Update bagian 3
Update bagian 4
Update bagian 6

 

Kumpulan artikel Eskatologi Islam

Twitter: @Utomo_MI
Facebook: Utomo Muhammad Isa

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *