Panti Asuhan Bayi Sehat: Shelter bagi Bayi-Balita Bermasalah Sosial

Share this

SMMC.or.id. — Sebagai wujud peran serta masyarakat dalam pemenuhan hak anak, telah hadir Panti Asuhan Bayi Sehat (PABS) Muhammadiyah Kota Medan. Panti ini ditujukan sebagai pelayanan perlindungan pertama (temporary shelter) pada anak terutama bayi dan balita yang mengalami kejahatan atau kekerasan sosial. Panti ini diresmikan pada 14 Oktober 2017 lalu.

Kasus kejahatan dan kekerasan pada anak banyak terjadi Sumatera utara . Korban kekerasan terhadap anak, bayi dan balita, termasuk perdagangan anak (child trafficking) meningkat setiap tahunnya. Kondisi ini masih merupakan fenomena gunung es.  Hal ini yang menjadi salah satu pertimbangan didirikannya Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Medan, selain minimnya fasilitas serupa di Kota Medan.

Panti Asuhan Bayi Sehat (PBAS)

Panti Asuhan Bayi Sehat (PABS)  Muhamamdiyah Kota Medan terletak di Jalan Jermal IV No. 18, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai Kota Medan, Sumatera Utara. Panti ini berupa satu unit rumah berukuran besar yang disewa selama 2 tahun.

Saat ini panti mengasuh 3 bayi bayi laki-laki berusia 4 bulan yang diasuh secara bergantian oleh dua orang pengasuh dengan sistem shift. Anak-anak yang ada adalah titipan dari Dinas Sosial Kab Deli Serdang dan Dinas PPPA ( Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Provinsi Sumut.

Untuk membiayai operasional panti, saat ini dibutuhkan dana sebesar Rp. 10.000.000,- setiap bulan. Untuk 6 bulan pertama ada bantuan dana operasional Rp 10.000.000,- perbulan oleh LazisMU dan Donatur tetap Rp. 3.000.000,-setiap bulan. Saat ini, pihak panti juga memerlukan bantuan berupa susu dan popok sekali pakai untuk memenuhi kebutuhan para bayi setiap harinya.

Ke depan, untuk membantu biaya operasional panti, pihak pengurus panti berencana menyelenggarakan penitipan anak komersial dan kegiatan usaha lain. Dengan demikian tidak tergantung pada donatur saja.

Jum’at Berkah SMMC di PABS

Smansa Medan Muslim Community (SMMC) melalui Program Jum’at Berkahnya turut serta dalam upaya mewujudkan “Sumut Layak Anak”. Kegiatan yang dilakukan adalah membantu penyediaan sarana pendukung di Panti Asuhan Bayi Sehat (PABS) Muhammadiyah Kota Medan.

Sekjen SMMC saat mengunjungi PABS dalam Program Jumat Berkah SMMC

Pada Selasa, 27 Februari 2018 lalu, diwakili oleh Sekretaris Jenderal SMMC Toga Buana Lubis,SMMC menyerahkan bantuan Jum’at Berkah, yang diterima oleh Bapak Rafdinal, S.SOS, M.AP selaku ketua panti. Adapun bantuan yang diberikan berupa:

1. Satu unit personal computer (PC)
2. satu unit printer
3. Empat unit kipas angin
4. Satu unit kulkas
5. Satu tempat tidur

Panti ini ternyata juga merupakan binaan anggota SMMC.  Kakanda Meuthia Fadila Fachruddin SMMC 1981 adalah wakil ketua panti tersebut. Ini menunjukkan kepedulian yang sangat besar pada kondisi sosial anak-anak di Kota Medan. Oleh karenanya perlu kita dukung  program yang sangat bermanfaat ini.

Semoga kegiatan Jum’at Berkah SMMC di PABS ini bisa menjadi berkah karena ridho Allah SWT. Aamiin yaa robbal alamiin.

Humas SMMC

Bagi yang ingin turut berbagi dengan mereka, yuk ikut Program Jumat Berkah SMMC. Hubungi koordinator angkatan SMMC masing-masing atau mendaftar di sini bagi yang belum.

Semoga berkah di setiap langkah.

Simak berita Jum’at Berkah SMMC lainnya disini

#JumatBerkah
#BersamaBerdiriDiSMMC
#BersinergiMembangunNegeri

Share this

2 Comments on “Panti Asuhan Bayi Sehat: Shelter bagi Bayi-Balita Bermasalah Sosial”

    1. Untuk saat ini bayi di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah belum bisa diadopsi. Jika ingin menanyakan lebih lanjut mengenai hal tersebut bisa kontak langsung ke panti. atau menghubungi pekerja sosial yang infonya sudah dikirimkan melalui email. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *