Renovasi Sekolah Islam Az-Zahra – Pasca Gempa Pidie Jaya

Masihkah kita ingat akan gempa berskala 6,5 skala Richter yang mengguncang Pidie Jaya pada Rabu, 7 Desember 2016 lalu?

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan yang cukup parah, puluhan bangunan dan tiang listrik roboh, jalan retak-retak dan sebagian bangunan gedung rusak berat serta tercatat puluhan orang meninggal dunia.

Inna lillahi wa inna ilaihi roojiun.

Besarnya kerusakan disebabkan gempa terjadi di darat dan kedalaman pusat gempa yang relatif dangkal, dimana kondisi tanahnya cukup lunak serta banyaknya bangunan yang belum memenuhi standar tahan gempa.

Bangunan yang rusak tak terkecuali, gedung sekolah Raudatul Alfa dan Paud Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Az-Zahra, di Gampong Meunasah Balek, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Nangroe Aceh Darussalam. Sekolah tempat belajar anak-anak kurang mampu ini, yang sebelumnya dalam kondisi kurang baik, bertambah rusak akibat gempa tersebut. Keadaan ini menyebabkan sekolah tidak dapat digunakan sehingga untuk sementara proses belajar mengajar dipindahkan ke kantor kelurahan setempat.

Kondisi Gedung Sekolah Sebelum dan Sesudah Renovasi

Alhamdulillah wa syukurillah kita SMMC telah berbuat menyampaikan dana bantuan renovasi bangunan. Harapannya agar proses belajar mengajar dapat segera pulih dan dapat berjalan dengan semakin baik lagi. Semuanya sebagai upaya membantu penanganan pasca gempa agar penyelenggaraan pendidikan Islam di lingkungan masyarakat Gampong Meunasah Balek, Pidie Jaya, terus berjalan.

Dana sebesar Rp. 27.523.000,- telah diterima oleh Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Az-Zahra Meureudu Ibu Khaira, A.Md yang diserahkan oleh PIC Rehabilitasi Pidie Jaya Sdri. Dewi Hartika SMMC 92 dimana penggunaan untuk pekerjaan penggantian plafond gedung, pekerjaan pengunci dan penggantungan serta pekerjaan pengecatan gedung. Tanggal 18 Mei 2017, Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) secara resmi dan lengkap disampaikan oleh Ibu Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Az-Zahra kepada SMMC.

Suatu nilai keberkahan insyaa Allah kita peroleh dengan terlaksananya dengan baik kegiatan renovasi gedung pendidikan tersebut. Saat ini sekolah sudah dapat dimanfaatkan oleh anak-anak untuk belajar. Meskipun kondisi gedung masih sekitar 50% dari yang diharapkan. Beberapa bagian masih sangat memerlukan perbaikan antara lain pagar, kamar mandi, tempat wudhu dan teralis jendela.

Ini menjadi kesempatan ladang amal bagi abang, kakak dan adek untuk kelanjutan renovasi gedung sekolah ini.

Ada yang minat beramal di program ini? Segera hubungi bendahara angkatan Anda masing-masing.

Jazaakumullah khoir katsiro abang kakak adik SMMC semua yang telah berpartisipasi. Semoga menjadi pahala amal soleh kita sebagai bekal akhirat kelak. Aamiin Allohumma Aamiin.

*Pelaporan PIC Renovasi Gedung Sekolah RA dan Paud di Pidie Jaya, Aceh*

Berminat donasi?

klik >>> whatsapp ke +628887700818>>>